Mengkompress file di FreeBSD

Sabtu, 20 Oktober 2007

Hari ini aku berencana mendownload template joomla di arc. Eh...tapi aku ketemunya ama kompi yang pake FreeBSD. Jadinya aku ga bisa colokin flashdisk aku ke kompinya. Tapi aku masih bisa masuk ke kompinya karena aku dikasi login user biasa di kompi itu. Dengan terpaksa aku googling lah cara untuk kompresi file. Ntar aku backup data yang kudownload ke ftp yang bisa dibuka di luar. Hehehe.

Ini dia caranya untuk mengkompress file di FreeBSD:

tar -cvf file.tar file1 file2 file3 file4
Perintah ini akan menggabungkan file1 file2 file3 dan file4 kedalam satu file bernama file.tar, opsi -f berarti opsi pertama digunakan sebagai nama file, opsi -c berarti memberi perintah “tar” untuk membuat archive dan opsi -v berarti memberi perintah “tar” untuk menampilkan proses ke monitor kita.
tar -cvf file.tar file1.tar file/
Perintah ini akan menciptakan archive baru dengan nama file.tar dengan file1.tar dan subdirektori “file/” sebagai isinya.
tar -cvzf file.tar.gz file1 file2 file3 file/
Perintah ini sudah bersifat gabungan antara “joining” file dengan “compressing” file, arti dari perintah di atas adalah gabungkan file1 file2 file3 dan subdirektori file/ menjadi file.tar dan kompress hasil dari proses penggabungan tersebut menjadi file.tar.gz

Untuk lebih lengkapnya silahkan ke sini aja karena tutorial ini aku dapat dari situ.

0 komentar: